Detail Berita

Penanganan Inspektorat Daerah Kabupaten Malang Dalam Mengatasi Potensi Masalah di Keuangan Desa

Permasalahan yang muncul di desa kerap berhubungan dengan pengelolaan keuangan desa yang meliputi dana desa, alokasi dana desa, dan hasil penyewaan tanah kas desa (TKD). Melihat potensi permasalahan yang berpusat pada pengelolaan keuangan, Inspektorat Daerah Kabupaten Malang melakukan asistensi bersama jajaran instansi terkait dan APH (Aparat Penegak Hukum) mengenai tahapan awal perencanaan dan  pelaksanaannya.

"Salah satunya bersama  DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) dan dengan BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah), kami terus melakukan asistensi. Mulai dari menyusun  perencanaan yang tepat," ungkap Inspektur Kabupaten Malang Dr. Tridiyah Maistuti.

Pada aspek perencanaan, akan dilakukan asistensi hingga dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban yang baik dan tepat. Sebab, kesalahan pada administrasi merupakan salah satu sumber permasalahan yang ada di desa.

Pada tahun 2020 ini, yang juga bertepatan dengan pandemi covid-19, Inspektorat Daerah Kabupaten Malang bersama APH -dalam hal ini dari unsur kejaksaan negeri dan Polres Malang- fokus terhadap pengalihan dana desa yang digunakan untuk BLT (bantuan langsung tunai). Permasalahan di desa yang banyak masuk laporannya kepada Inspektorat berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa. Tridiyah pun melakukan pemeriksaan berdasarkan pengaduan masyarakat yang disampaikan oleh Polres Malang maupun Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang.

Dari hasil pemeriksaan audit oleh APIP ini, barulah dapat ditentukan apakah seseorang tersebut melakukan kesalahan yang memang disengaja untuk kejahatan atau terjadi kelalaian dalam perhitungan administrasi pengelolaan keuangan desa. Tahun 2020 kasus yang masuk ke Inspektorat Kabupaten Malang  sekitar 12 sampai 13 kasus. Tetapi beberapa telah terselesaikan karena tidak terdapat niatan jahat mengarah ke tindakan korupsi. Yang terjadi misalnya  kelebihan bayar karena kesalahan pada tahap penghutungan.

Berita Lain